Senin, 05 Juni 2017

DAMPAK KOMPUTER TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS

DAMPAK KOMPUTER TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS

Dalam dunia bisnis, saat ini telah memanfaatkan kemajuan komputer yang sangat pesat. Terdapat dampak-dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan kemajuan komputer, baik berupa dampak positif maupun negatif. Dampak komputer sudah banyak diterapkan pada perusahaan  yang berskala nasional hingga internasional. Penerapan komputer menyebabkan perubahan dalam kebiasaan baru pada perkembangan bisnis. Seperti E-Commerce dan E-Business, sebagai media perdagangan menggunakan media internet yang pada saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan. Mulai dari bisnis yang kecil hingga bisnis yang besar menggunakan kemajuan komputer.
E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. (David, 1999). E-Commerce menurut Laudon dan Laudon (1998), adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce berkaitan dengan melakukan bisnis secara elektronik. E-Commerce didasarkan pada pemrosesan data, termasuk teks, bunyi dan video. E-Commerce mencakup segala macam aktivitas termasuk perdagangan elektronik baik barang maupun jasa, pengiriman secara online  dari isi digital, transfer dana secara elektronik, electronic share trading, electronic bil of landing, commercial auctions, kolaborasi desain dan rekayasa, online sourcing, public procurement, direct consumer marketing, dan layanan purnajual. Termasuk juga produk (consumer good dan peralatan medis) atau jasa (layanan informasi, keuangan, dan hukum); aktivitas tradisional (kesehatan, pendidikan) dan aktivitas-aktivitas baru (virtual malls). (European Commission, 1997)
E-Business adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan. Keuntungan dapat berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, peningkatan produktivitas dan profit. Menurut Steven Alter(2002), E-Business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. E-Business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk E-Business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Shurety,1999) 
Perkembangan komputer yang sangat pesat merupakan bagian teratas dari semua lapangan bisnis saat ini. Dalam perkembangan teknologi komputer terhadap bisinis saat ini, selain dapat menimbulkan dampak positif, perkembangan teknologi komputer juga dapat menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif tersebut harus diwaspadai oleh setiap perusahan dalam menjalakan bisnis. Teknologi komputer pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industri bisnis tertentu. Oleh karena itu, saat ini  perkembangan bisnis tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi komputer.






DAFTAR PUSTAKA
Baum, David, 1999. E-Commerce. New Jersey : Oracle Corp
Jogiyanto Hartono. 2004. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET
Laudon, J., dan Laudon, K. C. 1998. Essential of Management Information System. New Jersey: Prentice Hall
Samantha, Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. New Jersey: Prentice Hall
Janner Simarmata. 2000. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET
Steven, Alter, 2002. Information System: Foundation of E-Business. New Jersey: Prentice Hall




Tidak ada komentar:

Posting Komentar