Senin, 05 Juni 2017

HARDWARE

HARDWARE KOMPUTER

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. (Davis, 1977). Komputer itu  adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memproses dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di memori penyimpanan (stored program) (Sanders, 1985). Selain elemen software, komputer juga memiliki elemen hardware. Hardware adalah perangkat komputer yang terdiri atas susunan komponen-komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda) (Dhanta, 2009:58). Disebutkan oleh American Standard Institute bahwa komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan. Salah satu elemen yang dapat mendukung bekerjanya sebuah sistem computer selain brainware dan software, yaitu hardware.
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya dapat dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.  Hardware itu dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Fungsi utama hardware adalah menjalankan sekumpulan perintah atau instruksi yang diberikan, dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi. Perintah-perintah tersebut terdapat pada perangkat lunak (software)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input device, process device, output device dan storage device. Input device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi ke dalam CPU (Central Processing Unit) komputer sebagai perangkat pemrosesan komputer. Input device terdiri dari keyboard, mouse, joystick, scanner, kamera digital dan mikrofon. Process device adalah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang dimasukkan melalui input device kemudian di keluarkan melalui output device dalam bentuk informasi sehingga akan diterima oleh brainware. Process device adalah Microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), terdiri dari processor, RAM, mainboard, VGA Card,  dan sound card. Output Device atau peralatan output merupakan alat yang berfungsi menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil pemrosesan sehingga bisa diterima oleh pengguna komputer. Output device terdiri dari monitor, printer, proyektor LCD dan speaker. Storage device pada komputer merupakan media penyimpanan data pada komputer, data yang disimpan pada storage device bersifat permanen dan bukan bersifat sementara. Storage external memory terdiri dari harddisk, floppy drive, CD ROM, magnetic tape, sedangkan storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Komponen periferal device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya, contohnya TV Tuner Card, Modem, Capture Card.





DAFTAR PUSTAKA
Davis, Gordon B. 1977. Intoduction to Computers. Tokyo: Mcgraw-Hill Kogakusha
Janner Simarmata. 2000. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET
Jogiyanto Hartono. 2004. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET
Rizky Dhanta. 2009. Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: INDAH

Sanders, Donald H. 1985. Computer Today. New York: McGraw-Hill

Tidak ada komentar:

Posting Komentar