Senin, 05 Juni 2017

PERANAAN KOMPUTER

PERANAN KOMPUTER TERHADAP MANUSIA

Teknologi informasi dan komputer saat ini sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Komputer adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang lainnya. Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan selama bekerja pada sebuah sistem komputer. Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah, di rumah atau dimanapun anda berada. Menurut Robert H. Blissmer(1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut Hewett, et, al. (1996, p.5) dalam bukunya yang berjudul ACM SIGCHI(The Association for Computing Machinery-Special Interest Group on Computer Human), Curricula for Human-Computer Interaction, dinyatakan bahwa Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Human-Computer Interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya. Menurut Shneiderman dan Plaisant (2010) Interaksi manusia dan komputer merupakan ilmu yang berkaitan pada perancangan, evaluasi dan implementasi yang menjelaskan cara komunikasi antara komputer dan manusia atau user. Perangkat teknologi informasi dan komunikasi diciptakan oleh manusia untuk kepentingan manusia juga. Sampai pada puncaknya sekarang ini, keberadaan teknologi informasi dan komunikasi ternyata mampu menjadi pendorong majunya kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Komputer berguna dan mendukung dalam beberapa aspek yaitu dalam bidang teknologi, bidang transportasi, bidang kesehatan, bidang sosial, bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang perbankan, serta sistem pertahanan negara yang di dalamnya terdapat intelligence working system, dari masalah akuntansi hingga ke teknologi.
Internet juga sangat berperan dalam pereknomian masyarakat. Dengan adanya internet, membawa dampak pada perubahan bentuk pemasaran. Dengan kemajuan teknologi terlebih pada kemajuan komputer dan internet, yang mampu menjadi jembatan komunikasi antar manusia di muka bumi. Semakin banyak manusia yang menyadari peranan yang dimainkan oleh produk teknologi informasi dan komunikasi dan mencoba untuk mengikuti perkembangannya sekaligus memanfaakannya. Bahkan, komputer menjadi salah satu bagian dari kebudayaan masyarakat modern. Fungsi komputer yang sangat mutlak dan beragam, membuat komputer harus memasuki seluruh bidang kerja manusia.




Daftar Pustaka
B. Shneiderman, C. Plaisant. 2010. Designing the User Interface. Addison Wesley Longman, Inc.
Blismer, Robert H.. 1985. Computer Annual: An Introduction to Information System. New York: John Wiley & Sons
Hewett, et, al. 1996. ACM SIGCHI Curricula for Human-Computer Interaction. New York: The Association Computing Machinery

Insap Santoso. 2004. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar