Senin, 05 Juni 2017

SOFTWARE

SOFTWARE KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Menurut Donald H. Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah intruksi-intruksi program yang tersimpan di memori(stored program). Disebutkan oleh American Standard Institute bahwa komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan. Salah satu elemen yang dapat mendukung bekerjanya sebuah sistem komputer selain brainware dan hardware, yaitu software. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  dapat untuk dioperasikan.
Pengertian software komputer secara umum adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin komputer (hardware/perangkat keras). Fungsi perangkat lunak (software) adalah memproses data atau perintah/instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah. Software juga berfungsi sebagai sarana interaksi yang menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras. Perangkat lunak dibagi menjadi tiga golongan, yaitu sistem operasi, bahasa pemrograman, dan program aplikasi. Software sistem operasi (contohnya Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dan lain-lain) merupakan suatu software komplek yang mempunyai banyak fungsi, yaitu untuk mengatur semua perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU, menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU, dan mengatur semua proses yang terjadi di dalam CPU. Bahasa pemrograman (programming language) adalah bahasa yg digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada banyak bahasa pemrograman, contohnya Bahasa C, C++, Visual Basic, Pascal, Borland, HTML, PHP, JAVA, dan lain-lain. Program aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Contoh program aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, Winamp, Media player classic, Calculator, dan lain-lain.
Selain penggolongan software tersebut, software juga dibedakan dalam beberapa macam bagian yang terdiri dari setiap jenis-jenis software berdasarkan dari bentuk, dan fungsinya, yaitu Freeware, Shareware, Firmware, Commercial Software, Free Software, Open Source Software, dan Malware. Freeware adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa dengan batasan waktu. Shareware adalah perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Firmware adalah aplikasi perangkat lunak yang tersimpan di ROM (Read Only Memori). Commercial Software adalah perangkat lunak untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada pendistribusi, pengembang software, atau kepada rekan pengembang software. Free Software adalah perangkat lunak yang bebas untuk di utak atik baik itu bebas digunakan, disalin, dimodifikasi dan diubah dengan beberapa keharusan yang dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Open Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya untuk diubah, dipelajari, ditingkatkan, dan disebarluaskan karena sifat perangkat lunak sumber terbuka adalah pengembangan oleh suatu komunitas atau kelompok yang terbuka dalam mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka. Sedangkan Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem komputer, jejaring komputer tanpa izin dari pemiliknya.



DAFTAR PUSTAKA
Sanders, Donald H.. 1985. Computer Today. New York: McGraw-Hill
Jogiyanto Hartono. 2004. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET
Janner Simarmata. 2000. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: C.V.ANDI OFFSET

Kurweni Ukar. 2006. Pengenalan Komputer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar